Wali Kota Samarinda terus kawal Probebaya untuk kesejahteraan warga

Samarinda – Wali Kota Samarinda Andi Harun terus mengawal jalannya Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (Probebaya), agar masyarakat dapat merasakan langsung pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda.

“Kami akan terus mengawal agar Probebaya bisa dinikmati manfaatnya oleh masyarakat. Tahun 2023 nanti diberikan bantuan pendidikan, sembako, bedah rumah dan lain-lain. Satu lagi bersifat partisipasi yang lahir dari inisiatif masyarakat dalam membangun wilayahnya masing masing, seperti kegiatan gotong royong,” kata Andi Harun di Samarinda, Jumat.

Ia menjelaskan, Pemkot pada Kamis (8/12) mengadakan Gebyar Probebaya yang dilaksanakan di Kecamatan Palaran untuk memacu semangat para Ketua RT dan masyarakat untuk memaksimalkan Probebaya demi kemajuan wilayahnya masing-masing.

“Nanti bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Samarinda akan ada anugerah yang diberi berupa penghargaan kepada RT-RT yang dinilai berhasil menggunakan dana Probebaya untuk kesejahteraan dan meningkatkan kualitas lingkungannya,” ujar Andi Harun.

Probebaya akan terus dikawal sebab melibatkan peran masyarakat dan hasilnya nyata mulai dirasakan masyarakat.

Andi Harun menuturkan, dari sisi perencanaan nanti akan terus disempurnakan, seperti yang digambarkan, sebelum ada Probebaya , model perencanaan pembangunan yang lahir dari Musrenbang baik di tingkat kelurahan, kecamatan dan hingga berjenjang sampai ke kota.

“Lahirnya Probebaya sebagai jalan tengah dari kesenjangan yang selama ini dirasakan,” katanya.

Dikemukakannya, dengan Probebaya, Ketua-Ketua RT, tokoh-tokoh masyarakat tak harus bertemu dengan para pemangku kepentingan, tidak harus dekat, karena program ini kenal atau tidak kenal, dekat atau jauh, di setiap RT yang jumlahnya 1.992 RT, pasti akan mendapatkan kucuran dana Rp 100 juta . Bahkan bisa ditambah Rp 50 juta jika tahun ini berhasil.

Andi Harun menegaskan bahwa Probebaya adalah model pekerjaan seperti swakelola , dimana perencanaannya dari rakyat, dilaksanakan oleh rakyat, dinikmati hasilnya oleh rakyat dan juga hasil pembangunan dijaga oleh rakyat. (Ant)