Dua IKM Samarinda Raih Penghargaan Nasional

Samarinda – Kepala Dinas Perindustrian Kota Samarinda Muhammad Faisal  mengatakan ada dua Industri Kecil dan Menengah  (IKM) di Samarinda meraih penghargaan  Bogasari SME Award 2019 tingkat nasional.
“Dua industri kecil  menengah  tersebut adalah Cahaya Nikmah Bakery dan Roti Jepang Morinaga,” katanya di Samarinda,Rabu.

Ia mengatakan  produk  Roti  Cahaya Nikmah Bakery  masuk nominator kategori Gold yang tercatat pemakaian tepung terigu mencapai  6 sampai 12 ton per bulan, sedangkan Roti Jepang Morinaga masuk kategori Platinum yang pemakaian terigunya diatas 12 ton per bulan.

Faisal menambahkan  meskipun  kedua IKM tersebut tidak sebagai peraih penghargaan  nomor 1,2 dan 3, namun  terpilih  masuk dalam 15 nominator yang berasal dari 11 kota dari 9 provinsi se Indonesia.

Sebenarrnya dari Provinsi Kaltim ada 3 IKM yang meraih penghargaan  dua dari Kota Samarinda yaitu ketegori Gold dan Platinum dan satu  lagi dari Kota Balikpapan untuk kategori Silver.

Diungkapkannya bahwa memang  tidak banyak  orang  mengetahui  dua IKM Kota Samarinda  meraih penghargaan nasional Bogasari SME Award 2019  yang  diserahkan pada tanggal 16 Februari 2020 di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat.

“Kami merasa bangga kepada dua IKM  Samarinda  yang meraih penghargaan tingkat  nasional, walaupun hanya masuk  nominasi  5 besar nasional  karena  bersaing dengan jutaan IKM di seluruh Indonesia,” katanya.

Faisal  menjelaskan IKM  produksi Roti Jepang Morinaga yang biasa dikenal  nama  “Roti Gepeng,” memang sudah tak asing lagi bagi warga kota Samarinda, karena  murah dan enak dengan beragam  rasa  di produksi  di Jalan KH. Harun Nafsi Samarinda Seberang.

Produksi roti Jepang Morinaga  melalui perjuangan  tidak mudah , selama 15 tahun tetap eksis dengan roti Gepeng nya hingga sekarang berproduksi rata-rata 50.000 bungkus setiap harinya dan pemakaian  tepung terigu rata-rata 4 ton per hari, dengan  jumlah pekerja  sebanyak  20  orang.

Sementara Yulianti  owner bakery roti Jepang Morinaga menyatakan sangat bangga  mendapatkan penghargaan  award ,  apalagi  banyak saingan dari pulau Jawa dan kota besar lainya .

“Penghargaan  ini  menambah semangat kami untuk terus berusaha dengan baik dan kreatif, apalagi sekarang Dinas Perindustrian Samarinda  sangat memperhatikan  IKM yang ada ,” katanya. ( Ant)